Zulkifli: Hasil Pilkada Pengaruhi Arah Koalisi Pilpres

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengatakan, perolehan hasil Pilkada Serentak 2018 akan mempengaruhi arah koalisi Pilpres 2019. Koalisi juga akan sangat bergantung pada kombinasi pasangan capres-cawapres serta koalisi partai pendukung.

“Tentu akan pengaruh. Tergantung kombinasi capresnya seperti apa dan partai pendukung seperti apa. Akan sangat pengaruh," ujar Zulkifli di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (28/06).

Meski demikian, Zulkfili masih enggan mengungkap arah dukungan partai yang dipimpinnya pada pilpres mendatang. Ketua MPR itu menegaskan, meski menjadi faktor penentu, masih ada faktor lainnya yang harus dipenuhi dalam menentukan arah koalisi di Pilpres 2019. “Ya salah satu faktor, kan banyak faktor," sebutnya.

Zulkifli kemudian menyebut, faktor lainnya yang turut menentukan ialah figur yang akan diusung. Dia berkaca dari pengalaman dalam Pilkada Serentak 2018. “Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting. Boleh saja nggak suka dengan partai. Tapi kalau figurnya suka, ya suka dipilih tetep," tutur Ketua MPR itu.

"Jadi pelajaran yang kita ambil, calon yang dimau rakyat dan yang diputuskan partai harus sejalan. Nggak bisa juga, wah saya partai besar semau-semau saya. Ditolak sama rakyat sekarang. Itu pelajaran penting," tandas Zulkifli.