Terlibat Kasus Korupsi, Mantan Presiden Korsel Ditahan

Mantan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak (76) ditahan pihak otoritas hukum Korsea Selatan pada Kamis (22/03) . Lee Myung-bak ditahan karena terlibat kasus korupsi.

Lee merupakan mantan pemimpin Korea Selatan keempat yang ditahan atas kasus korupsi.

CEO yang kemudian banting setir menjadi presiden itu menjabat kursi nomor satu di Korea Selatan pada 2008 hingga 2013.

Lee dituduh dengan berbagai kasus, termasuk penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, penggelapan, dan penghindaran pajak.

Pengadilan Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Lee pada Kamis (22/03), sehari setelah dia menjalani interogasi maraton oleh jaksa.

"Telah diakui bahwa banyak tuduhan didukung oleh bukti. Ada risiko terdakwa berusaha untuk menghilangkan bukti", kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Jika terbukti melakukan semua tindakan yang dituduhkan kepadanya, dia bisa dipenjara hingga 45 tahun.

Dalam rekaman televisi, Lee mengenakan mantel berwarna hitam dan keluar dari rumahnya, kemudian masuk ke dalam mobil. Setelah itu, mobil dan rombongan yang dipimpin oleh pasukan bermotor dari kepolisian terlihat memasuki Pusat Penahanan di sebelah timur Seoul.

"Saya tidak menyalahkan orang lain. Semua ini merupakan kesalahan saya dan saya menyesal. Dengan penangkapan saya, saya hanya berharap penderitaan yang dihadapi anggota keluarga saya dan mereka yang bekerja dengan saya dapat berkurang," ," kata Lee dalam pernyataan yang ditulisnya.

Lee akan menjalani tes kesehatan sebelum mengganti pakaiannya dengan seragam penjara. Dia akan tidur di sel isolasi seluas 11 meter persegi.