Sumarsono: Plt Gubernur DKI Tunggu Ketetapan KPU

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan Plt Gubernur DKI Jakarta akan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat akan kembali cuti untuk kampanye jika Pilkada DKI Jakarta 2017 berlanjut ke putaran kedua.

"Kalau melihat situasi politik di Jakarta ya kemungkinan besar dari Kemendagri lagi," kata Sumarsono, Jumat (24/02).

Sebelumnya, Sumarsono sempat menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta ketika Basuki-Djarot cuti kampanye putaran pertama. Untuk putaran kedua, Sumarsono belum tahu apakah akan menjabat kembali atau tidak.

Menurut Sumarsono, Kemendagri akan menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI untuk menetapkan putaran kedua terlebih dahulu. Kemendagri akan menunggu keputusan resmi terkait pasangan calon yang masuk pada putaran kedua.

"Lalu KPU DKI kan akan menetapkan jadwal berapa lama masa kampanyenya, barulah kemudian Kemendagri memberi keputusan untuk mengutus plt selama cuti kampanye," kata Sumarsono.

Sumarsono menjelaskan, keputusan Mendagri tergantung pada keputusan KPU DKI menetapkan kapan masa kampanyenya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah memutuskan adanya masa kampanye apabila putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 dilangsungkan. Keputusan itu diambil setelah KPU DKI berkonsultasi dengan KPU pada Senin malam (20/02).