Situs pajak.go.id Diretas, Ditjen Pajak Pastikan Data WP Aman

Situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, pajak.go.id, pajak.go.id oleh hacker yang menamakan diri Anonymous Arabe. Beranda situs itu berubah, menampilkan pesan berbahasa Inggris dan berlatar bendera Palestina. Ditjen Pajak memastikan data Wajib Pajak (WP) tetap aman pasca peretasan.

Saat dikunjungi Minggu (10/06) malam sekitar pukul 20.15 WIB, tampak tulisan www.anonymous-arab.com di bagian atas situs. Tampak pula tulisan Arab berwarna merah dan pesan dalam bahasa Inggris.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan, situs tersebut kini telah ditangani oleh tim IT. Menurut dia, situs diretas hanya di bagian beranda saja.

“Iya itu, baru saja di-hack, sudah terpantau oleh kita, itu di-deface. Ini teman-teman IT langsung turun tangan, jadi berandanya saja, halaman depannya saja, diganti gitu," ujar Yoga kepada pers.

Yoga memastikan data wajib pajak tetap aman. Dia pun berharap situs itu dapat kembali normal. "Yang jelas data-data wajib pajak aman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena tidak terdapat di website itu data tersebut, datanya bukan di situ, dan basis data itu tidak bisa diakses melalui website itu," imbuhnya.