Presiden Lantik Gubernur Sumsel dan Kaltim

Presiden Joko Widodo secara melantik Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur hasil pilkada serentak 2018. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10).

Kedua pasangan gubernur dan wakil gubernur yang terpilih yakni Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur, serta Herman Deru dan Mawardi Yahya sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.

Upacara pelantikan didahului dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden kepada para gubernur dan wakil gubernur yang dilantik.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama pasangan gubernur dan wagub berjalan menuju Istana Negara. Kirab ini diiringi pasukan drum band pada bagian belakang.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 173/p dan 174/p Tahun 2018. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniawan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Jokowi diikuti Herman-Mawardi dan Isran-Hadi.

Usai pembacaan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyematan tanda pangkat dan jabatan.

Acara dilanjutkan sesi foto dan penyampaian ucapan selamat. Sejumlah pejabat tinggi negara dan politisi tampak menghadiri acara pelantikan. Mereka antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR Mahyudin, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Ketum NasDem Surya Paloh.