Presiden Jokowi Terima PM China di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri China Li Keqiang di Istana Bogor Senin (07/05) pagi. Kedatangan Keqiang sekitar pukul 10.30 WIB disambut upacara kenegaraan.

Upacara penyambutan disertai dengan dentuman meriam sebanyak 19 kali. Lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan. Jokowi dan Li juga memberikan salam hormat pada bendera negara masing-masing dan mengecek pasukan.

Setelah itu, Jokowi dan Li bersalaman dengan anak-anak dan melakukan sesi foto bersama para menteri.

Kedua pemimpin kemudian menuju Beranda Istana yang menghadap Kebun Raya guna berbicara empat mata. Keduanya turut menanam secara simbolis pohon kamper. Mereka berdua kembali berbincang di beranda sebelum melakukan agenda bilateral.

Kedatangan Li Keqiang ke Indonesia merupakan kunjungan pertama ke luar negeri sejak menjabat PM China periode kedua sejak Maret 2018. Li terakhir kali mengunjungi Indonesia sepuluh tahun lalu ketika masih menjabat wakil perdana menteri negara berpenduduk terbesar di dunia itu.

Kunjungannya hingga 8 Mei mendatang menandai lima tahun kemitraan strategis dan komperehensif Indonesia-China dan 15 tahun kemitraan strategis ASEAN-China.

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian sebelumnya menuturkan kunjungan Li menunjukkan betapa pentingnya Indonesia di mata China. Xiao berkata hubungan masyarakat China dan Indonesia terjalin sejak 2.000 tahun yang lalu dan Indonesia merupakan salah satu mitra diplomatik utama China.

Selama di Indonesia, Li dan Jokowi akan mengeluarkan pernyataan bersama dan menandatangani beberapa dokumen kerja sama berbagai sektor, termasuk perdagangan dan investasi.