Pencairan Korban Longsor Brebes Dihentikan Hari Ini

Tim Penanggulangan Bencana akan menghentikan pencarian korban longsor yang di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada hari ini, Rabu (28/02). Sebanyak 7 korban bencana itu masih dinyatakan hilang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Eko Andalas mengatakan, pencarian dihentikan karena sudah memasuki hari terakhir masa tanggap bencana, selama 7 hari.

Eko mengatakan, pencarian korban sudah dimulai sejak Kamis (22/02) lalu. Sebanyak 11 orang korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan 7 korban lainnya hingga kini belum ditemukan.

“Semoga pada hari terakhir pencarian korban ini, tim gabungan penanggulangan bencana dapat menemukan korban," ujar Eko.

Adapun tujuh korban yang belum ditemukan tersebut, yakni Marsui, Suwirso, Wastim Wahyu, Darsip, Sujono, Rustam Rusyadi, dan Haryanto.

Eko berharap keluarga korban yang kehilangan kerabatnya bisa mengikhlaskan apabila tim penanggulangan bencana yang terdiri atas Basarnas, TNI/Polri, BPBD, dan para relawan tetap tidak berhasil menemukan para korban.

Menurut Eko, tim gabungan penanggulangan bencana bersama keluarga korban telah menyepakati keputusan penghentian kegiatan pencarian korban hilang terkait dengan berakhirnya masa tanggap darurat selama tujuh hari.

“Pertimbangan penghentian pencarian korban hilang yang sudah berlangsung 7 hari ini karena jenazah yang ditemukan akan sulit diidentifikasi," katanya.