Penataan Tanah Abang Tahap II, Awal Maret

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, konsep penataan lanjutan terhadap kawasan Tanah Abang telah hampir rampung. Penataan tahap kedua itu akan diluncurkan paling lambat pada awal Maret.

"Seandainya sudah clear, kami akan launching segera, dalam dua hari ke depan. Paling lambat awal Maret kami launching," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Senin (26/02).

Ia menambahkan, saat ini konsep lanjutan itu masih harus menunggu keputusan dari Gubernur DKI Anies Baswedan, sebelum direalisasikan.

“Kemarin sudah difinalkan dari segi animasi untuk tahap kedua, tapi masih menunggu input dari bapak gubernur," kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, penataan tahap kedua tersebut meliputi revitalisasi Blok G dan pembangunan skybridge atau jembatan antar-gedung. "Soal revitalisasi dan pembangunan skybridge itu," katanya.

Penataan kawasan Tanah Abang terdiri dari tiga tahap, yakni jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Desain jangka pendek, berupa pengalihan arus lalu lintas dan trayek angkot di sepanjang Jalan Jatibaru Raya yang ditutup bagi pedagang kaki lima telah diterapkan.

Desain jangka menengah, tambah Sandiaga, terkait dengan pembangunan gedung baru Blok G dan pembangunan skybridge atau jembatan penghubung antara Blok G dan Blok F Tanah Abang.

Untuk jangka panjang, Pemprov DKI berencana membangun kawasan terminal angkutan umum terpadu atau Transit Oriented Development (TOD) di kawasan tersebut.