Pemprov Jabar Targetkan Dikunjungi 46,3 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan pada tahun 2017 ini dikunjungi sebanyak 46,3 juta wisatawan. Yakni terdiri dari 45 juta wisatawan lokal dan 1,3 juta wisatawan mancanegara atau asing berkunjung ke Jawa Barat.

"Saya optimis target kunjungan wisata tahun 2017 bisa tercapai apalagi untuk wisatawan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida, di Kota Bandung, Senin (09/01).

Menurut Ida, optimisme tersebut didasarkan pada pencapaian jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat pada tahun 2016 yang melampaui target.

"Alhamdulilah, tahun kemarin, kami targetkan kunjungan wisatawan nusantara 38 juta, wisatawan mancanegara 1,1 juta, tapi realisasinya total kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2016 mencapai 46,1 juta, yang terdiri dari 45 juta wisatawan nusantara dan 1,1 juta wisatawan mancanegara," kata Ida.

Pada tahun 2017, Disparbud Jawa Barat akan menggenjot potensi wisata di Kawasan Utara dan Selatan Jawa Barat seperti di Cirebon, Indramayu yang terkenal dengan potensi wisata sejarah Keraton Kasepuhan dan lokasi lain."Kemudian di Selatan Jabar ada rencana mengaktifkan kembali rel-rel ke daerah wisata. Ini kami sambut baik untuk mendukung target kunjungan wisatawan pada tahun ini (2017)," kata Ida.

Ida mengatakan, selama tahun 2016 ada sejumlah daerah favorit yang dikunjungi wisatawan di Jawa Barat. Di antaranya kawasan Bandung Raya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

Selain itu, keberadaan objek wisata baru yakni Taman Bumi atau Geopark Park Ciletuh, di Kabupaten Sukabumi yang baru dibuka beberapa tahun lalu ternyata menjadi "primadona" wisata baru untuk Provinsi Jawa Barat.