Naik, UMP Banten 2018 sebesar Rp 2,099 Juta

Provinsi Banten menetapkan upah minimum provinsi (UMP) pada tahun 2018 sebesar Rp 2.099.385. Angka ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2017 yang hanya Rp 1.931.180. Kenaikan UMP ini sudah disetujui dan ditandatangani oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Sudah, sudah diparipurnakan. Itu tanggal 30 Oktober kemarin sudah ditandatangai gubernur," kata Kepala Disnas Tenaga Kerja Provinsi Banten Al Hamidi saat dikonfirmasi, Kota Serang, Banten, Rabu (01/11).

Hamidi mengatakan, paripurna penetapan upah minimum di tingkat provinsi Banten dilakukan pada tanggal 23 Oktober lalu. UMP, ujar dia, akan menjadi jaring pengaman bagi upah yang akan ditetapkan nanti oleh kabupaten dan kota.

Di tingkat upah kabupaten dan kota, pembahasan akan dilakukan pada sekitar 13 November oleh Dinas Tenaga Kerja bersama dewan pengupahan. Paling lambat, penetapan untuk upah minimum di kabupaten dan kota akan selesai pada 20 November.

“Nanti orang kabupaten kota menetapkan upah tidak boleh lebih rendah dari UMP, dipatok dulu dan itu wajib ditetapkan," katanya.

Ia menjelaskan, UMP terbaru di Provinsi Banten akan berlaku efektif pada mulai 1 Januari 2018.