Mendagri Optimis Tingkat Partisipasi 78 Persen Tercapai

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah yang digelar hari ini, Rabu (27/06) dapat memenuhi target yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 78 persen.

“Tingkat partisipasi masyarakat cukup bagus. Tadi minitoring di tiga tempat, partisipasi masyarakat cukup bagus. Monitoring di tingkat nasional juga cukup bagus," ujar Tjahjo Kumolo kepada wartawan usai memantau pencoblosan di TPS 10 Mlatiharjo, Semarang, Rabu (27/06).

Tjahjo mengambil sampel sejumlah TPS di Semarang yang dikunjunginya, dimana banyak warga yang menggunakan hak pilihnya. “Padahal tadi monitoring di TPS pertama masih jam 9 sudah banyak yang datang," lanjutnya.

Mendagri berharap, partisipasi masyarakat tersebut didukung oleh pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, Kepolisan, TNI, Satpol PP dan lainnya. "Alhamdulillah. Semoga aman, juga partisipasi Kepolisian, TNI, Satpol PP, KPU dan Bawaslu," papar dia.

"Secara nasional juga cukup bagus. Kita buka posko di atas, dari laporan semua bagus. Mudah-mudahan tingkat partisipasi sebagaimana target KPU 78 persen, insyaallah terwujud dan semua aman tidak ada hambatan apapun," harap dia.