Longsor di Rancabali, 4 Orang Sekeluarga Tewas

Bencana tanah longsor terjadi di Kampung Muara, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung pada Selasa (31/10) dini hari. Dalam peristiwa itu, dua rumah warga tertimbun dan empat orang meninggal dunia.

Koordinator Humas dan Protokoler Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan, longsor terjadi saat seluruh anggota keluarga tersebut sedang tidur di rumahnya. “Satu unit rumah yang berisikan empat orang sekeluarga tertimbun tanah dan meninggal dunia," kata Joshua.

Sedangkan rumah yang lainnya, saat kejadian dalam keadaan kosong. Para korban meninggal dunia ini merupakan keluarga Rukman (40), istrinya, Usu (30), serta dua anaknya, masing-masing Dini (8) dan Nanda (6 bulan).

Desa Cipelah merupakan satu dari tiga desa yang rawan bencana longsor dan gerakan tanah di Rancabali. Dua desa lainnya yang berpotensi longsor adalah Desa Sukaresmi dan Desa Indagiri. Selain kawasannya yang berbukit-bukit, daerah tersebut menjadi tempat tinggal dan usaha kebun sayur milik masyarakat.