Kisah Buku dari Zagreb dan Arti Seni Musik bagi SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikenal sebagai kepala negara yang memberikan perhatian khusus pada seni dan budaya. Ia bahkan baru saja meluncurkan album kelima dan buku kumpulan puisinya. Lantas, apa yang menyebabkan SBY menyukai musik dan musik punya arti penting bagi dirinya?

Cerita tentang ini terungkap saat SBY memberikan sambutan pada penutupan acara Lomba Cipta Seni Pelajar (LCSP) Tingkat Nasional 2014 di kompleks Istana Presiden Cipanas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (09/08).

Kisah itu bermula saat ia menjalani tugas sebagai prajurit TNI dan menjadi pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Bosnia-herzegovina pada tahun 1995-1996. Ketika sedang jalan-jalan di Ibu Kota Kroasia, Zagreb, SBY menemukan sebuah toko buku kecil. SBY memang sejak dulu memang hobi membaca dan mengoleksi buku.

Ia kemudian memasuki toko buku tersebut. "Saya lihat semua buku berbahasa lokal, saya tanya ada yang berbahasa Inggris, ada tapi hanya sedikit, hanya sekitar seratus buku. Lantas saya lihat saya ambil satu buku berjudul Educating Heart and Mind," ujar Kepala Negara.

SBY mengatakan, buku tipis itu ditulis oleh seorang ibu berkebangsaan Amerika Serikat. Namun dia sudah 7 tahun tinggal di Jepang. Yang menarik, saat tinggal di Jepang, tidak banyak pelajaran yang diajarkan untuk anaknya yang bersekolah di sana. Hanya ada kesenian, yanki seni musik dan beberapa seni lainnya.

"Mengapa ada seni musik? Seni itu untuk menghaluskan budi pekerti, menggabungkan kasih sayang kerukunan di antara anak-anak kita dan kerukunan di antara warga bangsa," ujar SBY.

Oleh karena itu, sambung SBY, lomba-lomba bertemakan seni dan budaya itu penting untuk membangun karakter manusia Indonesia. Seperti Lomba Cipta Seni Pelajar 2014 ini.

SBY mengatakan, 10 hingga 15 tahun ke depan, baru akan bisa dirasakan dampak dari pendekatan seni dan kebudayaan ini terhadap anak-anak saat ini. "Semoga presiden baru dan pemerintahan yang dipimpinnya, berkenan lanjutkan program yang saya pandang baik dan positif ini," ujar SBY.