Kepala BNN: Kami Akan Tindak Tegas Pengedar Narkoba Tahun Baru

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menyatakan, telah mengeluarkan perintah khusus kepada bawahannya untuk menindak tegas bandar maupun pengedar narkoba yang beraksi jelang perayaan tahun baru 2018.

“Saya sudah perintahkan malam tahun baru untuk melakukan tindakan tegas (tembak di tempat), jadi tidak ada lagi penangkapan pada saat tahun baru untuk bandar-bandar yang sudah teridentifikasi oleh kami," kata Budi di Gedung BNN Cawang, Jakarta Timur, Rabu (27/12).

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, BNN telah mengidentifikasi tempat-tempat yang rawan dijadikan lokasi transaksi narkoba pada malam pergantian tahun. “Sekali lagi saya tegaskan kalau kami bersama dengan TNI dan Polri sudah mengidentifikasi jaringan-jaringan narkotika mana yang akan beraksi di tempat hiburan malam pada malam tahun baru," ujar dia.

Tidak hanya di Jakarta, pengawasan dan tindakan tegas juga diperintahkan dia dilakukan di kota lain, seperti Makassar, Surabaya, dan Semarang.

Menurut dia, banyak jaringan pengedar narkoba yang memanfaatkan momen tahun baru. Di setiap daerah, ujar Buwas, sudah ada data mengenai lokasi yang menjadi target operasi dan sudah dilaporkan kepadanya. “Saya perintahnya semuanya menindak tegas karena amunisi dan senjata sudah dikirim semua," ujar dia.