Kasau Lantik dan Wisuda 119 Taruna AAU

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna melantik dan mewisuda 119 taruna Taruna tingkat IV (Sersan Mayor Satu Taruna – Sermatutar) Akademi Angkatan Udara 2018. Pelantikan digelar dalam satu upacara penutupan pendidikan (Tupdik) dan Sidang Terbuka Senat Akademik AAU, di Kesatrian AAU Yogyakarta, Kamis (28/06).

Upacara wisuda itu sekaligus menandai akhir masa pendidikan taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) werving (masukan) 2014. Sebanyak 119 calon perwira remaja terdiri atas 110 taruna dan 9 taruni yang diwisuda bergelar Sarjana Terapan (S.Tr.Han) dari Program Studi Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan, dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Tampak hadir dalam Tupdik Danjen Akademi TNI, Gubernur AAU Marsda TNI Srimulyo Handoko, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau serta para pejabat teras TNI AU lainnya.

Dalam amanatnya Kasau mengingatkan agar para taruna yang telah ditempa dengan pola pendidikan tanggap, tanggon dan trengginas selalu memegang teguh ketiga pilar tersebut di manapun kelak bertugas.

Kasau juga minta agar setelah dilantik menjadi perwira TNI AU, para taruna mampu menunjukan darma bakti terbaiknya kepada bangsa dan masyarakat Indonesia. “Kualitas kalian akan diuji pada berbagai bidang penugasan di lapangan dengan berbagai tantangan” kata Kasau.

Setelah diwisuda oleh Kasau, pada pertengahan Juli 2018 mendatang, para taruna tersebut akan dilantik menjadi perwira TNI AU oleh Presiden RI dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI – Polri di Istana Merdeka Jakarta bersama Taruna Akmil, AAL dan Akpol.

Ia mengatakan sebanyak 119 lulusan AAU selanjutnya akan menjalani pendidikan bahasa Inggris, kemudian mengikuti seleksi calon penerbang guna memperkuat operasional alutsista pesawat TNI AU yang jumlahnya akan terus ditambah.

"Mereka memiliki hak kesempatan untuk mengikuti seleksi penerbang. Namun, mereka harus lulus psikotes, tes kesehatan, dan serangkaian tes lainnya. Dari 119 taruna, sebanyak 30 hingga 40 persen harus lulus sebagai penerbang," ujar Kasau.

Pada wisuda kali ini, terpilih sebagai lulusan terbaik AAU 2018 dan mendapat medali serta lencana Adhimakayasa adalah Sermatutar Sumalaras Fatsagunar dari majoring Teknik Manajemen Industri. Sementara terpilih sebagai wisudawan terbaik pada majoring Teknik Aeronautika adalah Sermatutar Sandro Imeldo, majoring Teknik Elektronika Sermatutar Satrio Kristanto Wicaksono dan majoring Teknik Manajemen Industri Sermatutar Sumalaras Fatsagunar. Ketiganya mendapat trofi Gubernur AAU.