Kali Putih Meluap, Jalur Yogya-Semarang Ditutup

Endapan material di Kali Putih, Magelang meluap hingga ke permukaan jalan. Pemicunya, hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Senin sore (03/01). Timbunan material tersebut menyebabkan jalan utama penghubung Yogyakarta-Semarang di di Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, terpaksa ditutup.

Luapan material tersebut mulai terjadi sejak pukul 19.00 WIB. Timbunan tersebut lumpur, pasir serta batu-batuan dalam jumlah yang cukup banyak. Material tersebut terbawa air dan kemudian menumpuk di tengah jalan di Desa Jumoyo yang merupakan jalur utama penghubung kota Semarang dan Yogya. Ketinggian timbunan material diperkirakan mencapai 1,5 meter dari permukaan jalan.

Keberadaan endapan material ini menyebabkan jalan harus ditutup sejak pukul 20.00 WIB. Belum diketahui pasti sampai kapan penutupan ini akan dilakukan. Sebab, kondisi di seputar kali dalam keadaan gelap gulita, akibat tumbangnya sebuah tiang listrik yang karena diterjang lahar dingin sore menjelang malam tadi.

Akibat ditutupnya jalur utama ini, petugas di lapangan mengalihkan kendaraan yang akan menuju ke Semarang melalui daerah FX Suhaji, Muntilan, Magelang, tepatnya di depan Polsek Muntilan.