Kabut Asap Tebal, Jarak Pandang Jalintim Palembang 1 Meter

Kabut asap tebal sisa dari kebakaran lahan gambut di sisi jalan lintas timur (jalintim) Sumatera menutupi jalan. Pandangan pengendara kendaraan roda empat maupun roda dua menjadi terbatas.

Kemarin, Senin (17/08), jarak pandang di jalintim Sumatera ruas Palembang-Ogan Ilir Sumatera Selatan, tepatnya di kilometer 19 hanya sejauh 1 meter.

Kendaraan roda empat maupun roda menyalakan lampu saat melintas. Sesekali mereka memberi tanda dengan membunyikan klakson, hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan yang melintas dari arah sebaliknya.

Asap tebal juga membuat mata pedih dan napas sesak. Pengendara kendaraan khususnya roda dua harus menutup hidung dengan masker dan merapatkan helm agar asap tidak mengganggu hidung dan mata.

Asap tebal yang menutupi jalan berasal dari kebakaran lahan gambut di sisi jalintim. Sebuah rumah papan yang di depannya berkibar bendera merah putih pun terlihat samar.

Kebakaran lahan di wilayah Ogan IIir sempat mereda karena hujan yang turun. Namun setelah hujan tidak lagi turun beberapa hari

membuat lahan gambut dan semak belukar kembali menjadi kering dan kebakaran lahan terjadi lagi.