Jokowi Minta Stabilitas Keamanan dan Politik Dikendalikan

Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kabinet Kerja untuk menjaga stabilitas keamanan dan politik pada tahun politik 2018 dan 2019. Jokowi memberikan instruksi secara khusus kepada Kapolri, Panglima TNI dan Kepala BIN soal itu.

Instruksi itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (05/03). Ada dua topik yang dibahas, pertama Lanjutan Pembahasan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2019. Kedua, Kapasitas Fiskal (Resources Envelopes) Tahun 2019.

“Yang berkaitan dengan stabilitas keamanan, stabilitas politik, saya minta ini Pak Kapolri, Panglima, Kabin, semuanya, dan tentu saja kita semuanya, agar hal-hal yang mengarah kepada sisi-sisi keamanan agar ditangani secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, koordinasi dan konsolidasi adalah kunci. Oleh sebab itu, ia meminta para menteri dan seluruh kepala lembaga untuk terus melakukan konsolidasi dan koordinasi.

“Sehingga tahun ini betul-betul stabilitas politik, dan tahun depan stabilitas keamanan dan politik, betul-betul bisa total kita kendalikan," ujar Jokowi.