Jembatan Tlatar Ambrol, 15 Desa Terisolir

Jembatan Tlatar ambrol akibat diterjang luapan material banjir lahar dingin dari Kali Pabelan, Sabtu sore (15/01). Terputusnya infrastruktur ini menyebabkan sedikitnya 15 desa di Kecamatan Sawangan, agelang, Jawa Tengah terisolir.

Jembatan Tlatar merupakan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Sawangan ke Desa Sewukan, Kecamatan Dukun. Biasanya warga 15 desa yang masuk wilayah Sawangan, pergi belanja dan berdagang di daerah Talun, Kecamatan Dukun. Jadi untuk sampai ke tempat itu, warga harus melewati jembatan Tlatar yang kini sudah bisa digunakan lagi tersebut.

"Kami terisolasi karena kondisi jembatan sudah sangat kritis. Padahal jembatan itu merupakan satu-satunya akses untuk bisa melakukan aktifitas ekonomi di daerah Talun," kata Camat Sawangan, Sujarwo.

Sujarwo mengungkapkan, sebetulnya banjir lahar dingin yang terjadi Sabtu sore tidak begitu besar. Hanya saja volume material lahar dari kali itu besar. Sehingga saat menerjang jembatan, penyangga betonnya ambrol. Saat ini jembatan tersebut ditutup untuk kendaraan, terutama jenis truk.