Hitung Cepat, Demokrat Diprediksi Kuasai DPR AS

Partai Demokrat diprediksi bakal mendominasi Dewan Perwakilan Amerika Serikat. Berdasarkan hasil penghitungan cepat, Demokrat menguasai 167 dari total 435 kursi dalam pemilihan Kongres Amerika Serikat, Selasa (6/11).

Dengan hasil awal ini, Demokrat diprediksi akan memenangkan 229 kursi, sementara Partai Republik akan menguasai 206 kursi Dewan Perwakilan.

Beberapa media lain bahkan memprediksi Demokrat bisa merebut 23 kursi Dewan Perwakilan yang selama ini dikuasai Republik.

Seperti dilansir Reuters, kemenangan Demokrat ini merupakan yang pertama sejak delapan tahun terakhir.

Dengan kemenangan ini, ada tantangan baru bagi Trump selama dua tahun ke depan kepemimpinannya. Sejak awal 2017 lalu, Trump menikmati dukungan Dewan Perwakilan yang masih dikuasai Republik.

Dengan dominasi tersebut, Demokrat punya kewenangan untuk menguji setiap kebijakan hingga rancangan undang-undang yang dibentuk Trump.

Demokrat juga bisa memiliki kewenangan untuk mendorong Dewan Perwakilan menyelidiki pembayaran pajak Trump yang selama ini tidak pernah diungkapnya.

Lebih jauh, investigasi dugaan keterlibatan Rusia dalam piplres 2016 lalu juga dapat lebih jelas.

Meski demikian, kontrol dalam Kongres AS diperkirakan akan terbagi, sebab, pada satu sisi Republik berhasil mempertahankan dominasinya di Senat.

Walau menang tipis, Republik sejauh ini berhasil menguasai 50 dari total 100 kursi Senat, sementara Demokrat hanya mampu mengamankan 40 kursi dan 1 kursi lainnya dipegang partai lain.