Hari Jadi Pontianak, 2.460 Orang Ikut Tari Massal Jepin

Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan dimeriahkan dengan aksi 2.460 orang yang akan menari Jepin massal. Perhelatan akbar bertajuk Pontianak BerJepin itu akan melibatkan pegawai instansi pemerintahan serta masyarakat.

Seusai upacara peringatan Hari Jadi Kota Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2017 akan langsung diisi dengan acara menari Jepin bersama.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani mengatakan, gagasan awal Pontianak BerJepin ini setelah beberapa kebudayaan Pontianak ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda, yakni saprahan, arakan pengantin dan kain tenun corak insang.

"Untuk itu, melalui Pontianak BerJepin ini sebagai salah satu upaya mengangkat budaya khas melayu. Diperkirakan peserta Pontianak BerJepin sebanyak 2.460 sesuai dengan Hari Jadi Kota Pontianak ke-246. Sementara ini masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 500-an orang, pelajar 1.000, dan selebihnya akan diramaikan oleh ASN Pemkot," kata Rendrayani di Pontianak, Senin (09/10).

Menurut Rendrayani, untuk suksesnya tarian Jepin massal ini, pihaknya menggandeng sanggar untuk mengaransemen lagu dan gerakan tari. Gerakan Jepin ini sengaja diaransemen ulang sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengikutinya.

"Makanya gerakan Jepin yang dikreasikan ini tidak murni gerakan Jepin yang sebenarnya. Konsepnya sengaja kita buat sedemikian rupa sehingga mudah diikuti siapa saja," kata Rendrayani.