Habibie Resmikan Gedung Baru RS Ginjal Ny RA Habibie di Bandung

Presiden ke-3 RI BJ Habibie meresmikan gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Jalan Tubagus Ismail, Bandung, Senin (08/08). Habibie berharap, bertambahnya fasilitas rumah sakit khusus ginjal di Indonesia itu bisa membantu masalah kesehatan masyarakat.

"Harapan saya agar benar-benar membantu SDM Indonesia, kesehatannya oke," kata Habibie.

Habibie mengatakan, tidak semua persoalan harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Sebab itu, keberadaan rumah sakit khusus ginjal ini diharapkan bisa menjadi sumbangsih nyata dari keluarganya dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

"Saya katakan bisa menjadi unggul menyumbangkan karya nyata untuk pembangunan bangsanya dan semua harus berusaha tiap keluarga menjadi mata air," kata Habibie. Peresmian juga dihadiri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Menurut Habibie, semua keluarga di Indonesia bias menjadi mata air Indonesia termasuk masyarakat. “Jangan serahkan semua ke pemerintah kita, masyarakat lebih kuat jika bekerja sama dan saling membantu," ujar Habibie.

Direktur Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. RA Habibie, Qania Mufliani, mengatakan, gedung baru itu dilengkapi ruang rawat inap, ruang operasi, ruang bedah, laboratorium, museum mesin cuci darah dan ruang untuk pendidikan dan latihan.

"Selama ini, untuk melengkapi fasilitas kami sudah kekurangan, jadi kami buat gedung baru. Jadi nanti gedung lama akan dkhususkan untuk cuci darah," jelas Wania.

Saat ini, Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie punya 350 pasien tetap atau rutin. Tiap harinya, rumah sakit ini mampu melakukan 100-120 tindakan.