Gempa Kuat 6,2 SR Kembali Guncang NTB

Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (09/08) siang. Guncangan gempa dirasakan cukup kuat selama sekitar 10 detik, dan menimbulkan kepanikan warga.

Informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 12.25 WIB atau 13.25 WITA. Pusat gempa berada pada koordinat 8.36 lintang selatan dan 116.22 bujur timur.

Epicentrum gempa tersebut berada pada kedalaman 12 km dibawah permukaan. Pusat gempa berjarak sekitar 6 km barat barat laut Lombok Utara, 27 km timur laut Mataram, 33 km timur laut Lombok Barat, dan 37 barat laut Lombok Tengah. Gempa bumi ini diinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa memicu kepanikan warga. Di RSUD Lombok Utara, warga yang trauma dengan gempa sebelumnya, terlihat sangat panik. Mereka berpelukan. Pasien-pasien yang berada di tenda darurat di halaman RSUD Lombok Utara sempat dibawa keluar. Namun beberapa saat kemudian pasien dibawa masuk lagi ke tenda darurat.