Gempa 4,8 SR Guncang Bali Terasa Hingga NTB

Gempa bumi dengan kekuatan 4,8 skala richter (SR) mengguncang wilayah Bali, Senin (16/07) pagi. Guncangan dirasakan di sejumlah wilayah, bahkan hingga Nusa Tenggara Barat.

Informasi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 07.48 WITA. Pusat gempa berada pada koordinat 8,89 lintang selatan dan 115,38 bujur timur.

Epicentrum gempa tersebut berada pada kedalaman 111 km dibawah permukaan. Pusat gempa berjarak sekitar 25 km arah Barat Daya Klungkung, Bali. BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pantauan BMKG, berdasarkan laporan masyarakat dampak gempa dirasakan di wilayah Denpasar, Nusa Dua, Kuta, Mataram, Lombok Tengah. Wilayah itu mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG (III - IV MMI). Di Denpasar, guncangan gempa sempat mengagetkan warga.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Belum ada laporan terkait kerusakan bangunan ataupun korban akibat gempa tersebut. Sejauh ini, tidak ada pula laporan terkait gempa susulan.