Gajah Liar Masuk Kota Pekanbaru, Warga Panik

Seekor gajah sumatera liar masuk ke area permukiman dan membuat panik warga di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Jumat (24/07). Peristiwa ini membuat masyarakat panik dan ketakutan.

"Benar, kami mendapat laporan dari warga, ada gajah liar berkeliaran dekat pemukiman," terang Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Supartono.

Ia menjelaskan, tim pemantau dari BBKSDA sudah berada di lokasi menindaklanjuti laporan masyarakat. "Tim kita sudah ada di lokasi yang akan memantau situasi dan kemungkinan langkah yang akan diambil di lapangan," katanya.

Informasi tentang gajah liar itu dilaporkan Ketua RW 09, Sugianto. Sejak pukul 02.00 WIB dinihari, seekor gajah liar berkeliaran di sekitar Perumahan Primadona RW 09 Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Daerah tersebut berkontur perbukitan dan banyak terdapat pengrajin pembuat batu bata. "Masyarakat ketakutan karena gajah tidak mau pergi," kata Sugianto.

Sekedar informasi, ini bukan pertama kali gajah liar masuk dekat permukiman di Kota Pekanbaru. Satu gajah liar juga masuk ke permukiman di Kecamatan Rumbai Pesisir saat bulan Ramadhan pada 13 Juli 2015.

Menurut informasi, gajah liar itu keluar dari sekitar hutan lindung di Minas, namun kemudian bisa dihalau kembali ke dalam hutan.