Doni Monardo Dilantik Jadi Sekjen Wantannas

Mayjen Doni Monardo resmi dilantik sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), , Jumat (06/04). Pelantikan Doni dipimpin oleh Menko Polhukam Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

“Wantannas diharapkan dapat menyusun suatu blue print program bela negara secara nasional dan dijabarkan dalam modul-modul khusus yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat," ujar Wiranto dalam sambutannya.

Wiranto mengatakan, tugas pokok organisasi Wantannas adalah membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan strategis. Selain itu, memberikan rekomendasi-saran dalam hal pembinaan ketahanan nasional.

“Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut, Wantannas berpijak pada 3 pilar kegiatan strategis yang secara berlanjut dan simultan terus dilaksanakan," terang Wiranto.

Ketiga pilar itu adalah merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan. Kemudian yang kedua adalah menyusun perkiraan risiko pembangunan nasional yang dihadapi. Ketiga merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka merehabilitasi akibat risiko pembangunan.

Wiranto mengatakan tugas Wantannas akan semakin berat mengingat semakin berkembangnya dinamika tantangan dan ancaman terhadap keutuhan bangsa dan kedaulatan negara. Untuk itu,ia meminta Wantannas segera menyesuaikan diri dengan kondisi aktual penugasan dalam rangka penguatan bela negara.

"Sesuai dengan Nawacita Bapak Presiden yang ingin mewujudkan percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk memperkuat konektivitas dan menghilangkan sekat-sekat antarwilayah," imbuhnya.

Wantannas pun diminta memberikan rekomendasi strategis yang bisa dirumuskan secara lebih aplikatif. Ini dimaksudkan guna mendorong percepatan pembangunan.