Cawapres PKB Akan Diputuskan Dalam Muspimnas

Belum ada keputusan resmi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden 2019. Keputusan tentang itu akan dibicarakan di Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PKB.

Demikian disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan. Ia menyebut, wacana Cak Imin menjadi cawapres masih sebatas usulan dari sejumlah kader PKB. Yang menentukan adalah forum tertinggi partai, yakni Muspimnas.

"Kalau kader keras Cak Imin harus Wapres, tetapi itu kan belum keputusan. Keputusan kan tetap di Muspimnas nanti," ujar Daniel di Gedung DPR, Jakarta, Senin (09/04).

Daniel menyebut, Muspimnas PKB bakal digelar usai pelaksanaan Pilkada serentak pada bulan Juni 2018. Selama belum ada keputusan resmi, PKB bakal berada di koalisi pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Muspimnas juga bakal memutuskan posisi PKB dalam Pilpres tahun 2019. Daniel mengaku PKB akan mengedepankan usulan dari kiai dan ulama dalam memutuskan posisi partai di Pilpres 2019.

Sejauh ini, Daniel menyebut para kiai dan ulama meminta PKB tidak terburu-buru menentukan arah koalisi pilpres. PKB diminta untuk mengamati dinamika politik yang terjadi hingga Muspimnas digelar.

Oleh karena itu, tambah Daniel, tidak menutup kemungkinan PKB berkoalisi dengan Gerindra mengusung Prabowo Subianto menjadi capres atau kembali mengusung Jokowi.

"Kalaupun memang nanti kami putuskan tetap dengan Pak Jokowi artinya kami hanya butuh tugas tambahan saja meyakinkan para kader bahwa ini pilihan terbaik sehingga mereka tidak kecewa," ujarnya.