Brigjen Firli Terpilih Jadi Deputi Penindakan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut telah memilih Brigadir Jenderal Firli untuk menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK. Firli saat ini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kabar terpiihnya Filri disampaikan oleh Wakalpolri Komjen Syafruddin di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (05/04). Firli akan menggantikan posisi Komisaris Jenderal Heru Winarko, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). “Sudah diputuskan (Firli terpilih), besok pelantikan," terang Wakapolri.

Ia mengatakan, Firli layak untuk menempati posisi deputi penindakan KPK. "Bagus sekali, salah satu perwira muda yang terbaik di Polri," ujar Syafruddin.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah menyatakan ada 3 kandidat yang lolos dalam tahap wawancara dengan pimpinan. Mereka adalah Firli, Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Pidana Khusus Kejaksaan Agung Wisnu Baroto, dan jaksa Witono.

“Tes kemarin sudah kami lakukan, kelihatannya deputinya sudah kami temukan, sudah mendapatkan dari hasil tes itu," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (03/04) lalu.