Banjir Bandang dan Longsor Landa Pangandaran

Bencana banjir bandang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (07/10). Akibatnya, ratusan rumah kecamatan terendam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, Sabtu, mengatakan, pemukiman penduduk yang terendam banjir yakni di Kecamatan Sidomulih, Kalipucang, Cijulang dan Parigi.

Banjir terjadi terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi pada Jumat (06/10). Aliran sungai yang bermuara ke laut tidak dapat menampung air hingga akhirnya meluap ke daratan pemukiman penduduk. "Ya, hujannya deras, lalu sungai yang bermuara ke laut ini meluap," katanya.

Banjir menyebabkan penduduk yang rumah mereka terdampak diungsikan ke tenda darurat yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah. "Sekarang kan melihat cuaca masih mendung, takutnya banjir lagi, jadi kita siapkan tenda darurat, dapur umum juga kita siapkan," ujarnya.

Nana menambahkan, banjir juga telah menutup akses jalan antardesa dan kecamatan sehingga menghambat upaya evakuasi maupun meninjau langsung kondisi masyarakat di lokasi longsor.