Aktivis HAM Abdul Hakim Garuda Nusantara Berpulang

Aktivis HAM yang juga mantan Ketua Komnas HAM periode 2002-2007, Abdul Hakim Garuda Nusantara meninggal dunia pada Jumat (04/05) pagi.

Kabar meninggalnya Abdul Hakim dibenarkan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. "Ya saya baru dapat info begitu," ujar Ahmad Taufan kepada pers, Jumat pagi.

Abdul Hakim lahir di Pekalongan, 12 Desember 1954. Abdul Hakim selama ini dikenal sebagai aktivis HAM dan sempat menjadi Direktur LBH Jakarta.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu juga pernah menjabat sebagai Ketua Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Abdul menyelesaikan studi S2-nya di bidang Hukum Perdata Internasional di Universitas Washington.

Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfiwanati mengatakan, jenazah almarhum akan dimakamkan setelah shalat Jumat. “Dimakamkan di pemakaman, Kober Kemang Pratama 3. Kira-kira pukul 13.00 WIB," ujar Asfinawati.

Saat ini, jenazah Abdul Hakim Garuda Nusantara disemayamkan di rumah duka, Kemang Pratama Regensi Blok M-8, Bekasi, Jawa Barat. Menurut Asfinawati, almarhum yang pernah menjabat direktur YLBHI itu tutup usia setelah menderita penyakit stroke sejak lama.