2 Penyeludup 17 Kg Sabu di Kalbar, Tewas Ditembak

Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dari Malaysia di Kalimantan Barat. Dalam operasi ini, 5 orang berhasil diringkus. Dua diantaranya ditembak mati karena melawan.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, dalam keterangannya, Senin (07/08) mengatakan, penangkapan dilakukan di daerah Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, pada Minggu 6 Agustus 2017. Awalnya, ada satu pelaku yang ditangkap.

“Menangkap atas nama Ryan dengan barang bukti 17 bungkus sabu di dalam mobil Calya warna hitam. Sabu tersebut dibawa dan diselundupkan dari Malaysia," terang Arman.

Dari penangkapan tersebut, BNN kemudian berhasil menangkap 4 tersangka lain yang berperan sebagai pemilik dan pengendali. Keempat orang tersebut yakni Cheng Kheng Hoe WN Malaysia, Alaw alias Ape, Alvin dan Tia.

“Pada saat pengembangan 2 tersangka berusaha melawan petugas sehingga dilumpuhkan dengan tembakan dan mengakibatkan 2 tersangka atas nama Ahoi WN Malaysia dan Alaw WNI meninggal dunia," ujarnya.

Arman menjelaskan barang bukti berupa 17 kg sabu disita dalam penangkapan ini. "Saat ini kasus masih dikembangkan," tandas dia.