101.906 Siswa Lulus Seleksi SNMPTN 2017

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengumumkan sebanyak 101.906 orang pendaftar dinyatakan lulus proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 517.166 siswa yang mengikuti SNMPTN.

"101.906 siswa dinyatakan lulus seleksi pada 78 PTN (perguruan tinggi nasional) se-Indonesia," terang Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad di Gedung Kemenristek Dikti, Jakarta, Rabu (26/04).

Intan menerangkan, selama proses SNMPTN, calon mahasiswa tak dibebankan biaya administrasi. Hal ini bertujuan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para calon mahasiswa dari berbagai latar belakang ekonomi masuk ke PTN.

"SNMPTN memiliki tujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para siswa yang memiliki prestasi akademis yang baik selama di sekolah. Semua biaya juga ditanggung oleh Pemerintah," terang dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengimbau para peserta SNMPTN yang tak lolos seleksi untuk berbesar hati dan tidak patah semangat. Mereka diberi kesempatan mengikuti proses SBMPTN dengan catatan mendaftar kembali, paling lambat 5 Mei mendatang.

"Diimbau kepada para peserta yang tidak diterima melalui jalur SNMPTN, apabila akan mendaftar SMBPTN agar mendaftarkan diri secepat mungkin dan mengikuti proses yang telah ditetapkan," imbau Ravik.

Adapun nama-nama siswa yang lulus SNMPTN dapat dilihat pada website resmi Panitia Pusat SNMPTN, http://pengumuman.snmptn.ac.id/ mulai pukul 14.00 WIB hari ini.