Balikpapan, Berstatus Waspada Flu Burung

Sejak Minggu (03/10) Pemerintah Kota Balikpapan mengumumkan status daerahnya sebagai waspada flu burung. Pengumuman itu menyusul kasus puluhan ekor ayam yang mati mendadak di empat kecamatan. Setelah diteliti, ayam-ayam itu positif terkena virus H5N1.

Pengumuman status Waspada H5N1 itu disampaikan langsung oleh Walikota Balikpapan Imdaad Hamid, Minggu kemarin. “Pemicunya, sudah 96 ekor ayam peliharaan masyarakat yang mati mendadak sejak 25 September 2010 di empat kelurahan di Balikpapan, yakni Gunung Bahagia, Sepinggan, Manggar, dan Prapatan," jelas Imdaad.

Diterangkan Imdaad lebih jauh, dari hasil penelitian, ayam-ayam tersebut positif terkena virus flu burung atau H5N1. “Kita khawatir akan menyebar kemasyarakat maka kita nyatakan kasus ini tingkat Waspada H5N1," kata dia.

Imdaad menegaskan sementara ini hanya ayam yang positif terkena, sedangkan hewan lain seperti burung peliharaan belum ada yang terkena.

Sebagai tindak lanjut pengumuman tersebut, terhitung Minggu, Pemkot Balikpapan akan terus memantau situasi dan membuat evaluasi harian selama 15 hari ke depan. Imdaad mengingatkan agar warga lebih waspada mengingat jika virus tersebut menjangkiti manusia.